Daya Tarik Wisata Lombok

Kekayaan alam yang dimiliki pulau Lombok tidak bisa dipungkiri lagi keberadaanya. Salah satu Wisata Indonesia termasyur dan ramai dikunjungi saat ini adalah wisata liburan di pulau Lombok. Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat dan dibagi menjadi 4 kabupaten yakni Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara, selain itu Lombok juga mempunyai 1 Kotamadya, yakni Mataram. Pulau Lombok mempunyai luas 5.435 km, dan pada survei tahun 2001 Pulau Lombok mempunyai populasi sebanyak 2.722.123 jiwa. Dari populasi tersebut 80% adalah suku sasak, salah satu suku bangsa yang dekat dengan suku Bali, dan mayoritas agama dari suku sasak adalah Islam. 


Pulau Lombok mempunyai daya tarik wisata yang kuat terhadap para pecinta wisata. Karena di Pulau ini banyak sekali wisata tujuan yang dapat memberikan kepuasan bagi wisatawan. Pulau Lombok banyak mempunyai wisata alam seperti Air Terjun, Pegunungan, Pantai, Hutan Alam, dan masih banyak lainnya. Kekayaan alam ini tentunya harus kita rawat serta kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena kekayaan alam di Pulau ini sedikit agak terabaikan akibat terjadinya krisis moneter pada tahun 1997 lalu. Untunglah pada tahun 2007 mulai terjadi perbaikan di Lombok sehingga sektor pariwisata di Lombok menjadi lebih terangkat dan dikenal publik. Oleh sebab itu penulis pribadi yang menyukai traveler menghimbau supaya pihak-pihak terkait jangan sampai kecolongan lagi, sehingga melupakan investasi milik negara yang sangat berharga.

Kalau bicara tentang keindahan alam Pulau inilah surganya. Berbeda dengan Tempat Wisata di Jakarta, tempat Wisata Lombok ibarat surga bagi para pecinta wisata adventure. Karena banyak wisatawan domestik maupun wisatawan asing melirik ingin menaklukkan terjalnya tanjakan Gunung Rinjani. Gunung yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Gunung Berapi Internasional yang merupakan warisan budaya. Gunung ini menjadi daya tarik luar biasa, karena pada gunung ini banyak menyimpan keindahan alam yang menakjubkan seperti Danau Segara Anak yang terletak di puncak gunung ini. Danau ini terdapat banyak ikan, yang tidak pernah habis, walaupun sering di pancing dan ditangkapi oleh wisatawan yang datang.


Ragam Wisata Indonesia, memang sangatlah melimpah. Dengan terlihatnya kekayaan tersebut haruslah kita sadar dengan cara merawat, mejaga, serta memanfaatkanya dengan baik dan maksimal. Jangan sampai terjadi hal-hal yang akan membuat Bangsa ini menangis karena kebudayaan, kesenian, dan kekayaan alam yang terjarah oleh pihak dan Negara lain. Karena sudah sekian banyak hal-hal itu terjadi pada Negara kita, tapi tetap saja kita tidur dan masih malas untuk bangun.