Keindahan Pantai Kuta Lombok

Wisata Indonesia - Ingin berlibur ke tempat wisata yang tenang, bersih, dan indah? Akan kami berikan gambaran sekilas tentang salah satu wisata indah yang masih kurang dikenal banyak kalangan masyarakat luas, tapi tempat ini mempunyai maghnet yang kuat bagi pelancong yang mencari ketenangan. Tempat wisata yang menakjubkan ini adalah pantai kuta. Tapi yang akan kita uraikan bukanlah pantai kuta di Bali, melainkan pantai yang terletak di Lombok. Inilah bukti bahwa pantai ini belum begitu dikenal masyarakat. Karena setelah tertulis pantai kuta, pasti bayangan kita tercermin bahwa itu adalah pantai kuta Bali. Wajar saja karena pantai di Lombok ini masih kurang perhatian oleh pemkot setempat. Tapi jangan khawatir, saat ini pantai ini juga telah menjadi tujuan berwisata yang banyak dicari.


Pantai Kuta Lombok terletak di Pulau Lombok, tepatnya di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini telah menjadi tranding topic bagi kalangan pecinta wisata. Karena jika kita mengunjungi tempat ini, kita akan disuguhkan berbagai pemandangan dan keadaan alam yang bersih dan tertata rapi. Pantai ini begitu banyak memiliki kelebihan yang harus ditonjolkan oleh Indonesia. Pantai ini mempunyai pasir putih dengan laut yang cerah berwarna biru, serta desiran ombak yang tenang.

Pantai ini tidak kalah walaupun dibandingkan dengan Pantai Pangandaran yang notabenya pantai terindah di Jawa. Terlebih lagi akses menuju ke pantai ini sekarang sudah mudah untuk dicapai. Karena Pantai Kuta ini terletak dekat dengan Bandara Internasional Lombok. Lama perjalanan dari bandara menuju ke pantai ini jika ditempuh dengan kendaraan bermotor kira-kira akan memakan waktu 30 menit. Selama perjalananpun kita akan melewati Desa Wisata Sade yang sudah tersohor berkat keadaan masyarakatnya yang pandai dalam kerajinan tenun. Tentunya kita bisa mencari oleh-oleh kain tenun indah dengan benang yang tersusun rapi, yang menjadi salah satu ciri khas Pulau Lombok.


Dalam setahun sekali pantai ini akan ramai kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena ada sebuah tradisi yang sudah melegenda yakni banyaknya cacing laut yang keluar, sehingga bisa kita tangkap dan bisa langsung kita makan. Upacara ini disebut dengan Bau Nyale. Menurut legenda dahulu ada seorang putri yang cantik dengan rambut yang panjang namanya Putri Mandalika. Karena kecantikanya diapun mendapat lamaran dari banyak pangeran dan pemuda, sehingga dia tidak bisa mengambil keputusan dengan bijak, sehingga sang putri pun terjun ke laut. Lalu sebelum terjun ke laut dia berjanji akan datang sekali dalam setahun, kemudian mitos yang berkembang Nyale (cacing laut) ini adalah rambut putri Mandalika.

Dengan adanya mitos dari cerita tersebut pantai ini menjadi cukup tenar bagi pecinta wisatawan. Seperti Pantai Indrayanti pantai ini juga banyak dikunjungi tidak hanya dengan keadaan sekitar pantainya yang indah, tetapi juga kebanyakan pengunjung ingin menghadiri acara tahunan di pantai ini, untuk merasakan cacing laut yang aman untuk dikonsumsi.