Gunung Rinjani, Tantangan Bagi Pendaki

Wisata Lombok - Indonesia, sangat kaya akan kebudayaan yang beraneka ragam dengan kekayaan alam yang berlimpah. Banyak sekali hal-hal yang menarik di Indonesia, dan tak heran hal ini menjadikan negara ini menjadi banyak tujuan wisata para turis mancanegara.

Gunung Rinjani




Salah satunya adalah banyaknya pegunungan yang berjajar dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia. Namun disini kita akan bicara mengenai salah satu gunung yang menjadi primadona bagi para penggila tantangan. Gunung Rinjani Lombok terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Rinjani merupakan salah satu gunung dengan pesona alam indah yang dapat memicu adrenalin bagi para pendaki. Berikut hal-hal yang menarik dari gunung ini yang menjadikanya pesona alam yang indah.


1. Jalur Dakian yang Cukup Menantang


Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Untuk menuju ke rinjani kita bisa mencapainya dengan 3 rute pilihan, yaitu melalui sembalun, senaru, dan torean. Dari 3 jalur tersebut kebanyakan pendaki memilih melewati sembalun. Jalur pendakian rinjani mempunyai 4 pos dengan ketinggian gunung 3.726 mdpl. Jalur yang paling menantang adalah saat dari plawangan menuju ke puncak, karena medan yang dilalui cukup curam dengan keadaan tanah yang berpasir dan berdebu, sehingga akan membuat pendakian menjadi lebih menguras tenaga.

2. Danau Segara Anak


Danau Sagara Anak

Sagara anak adalah nama dari sebuah danau dari gunung rinjani. Danau ini terletak pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Jadi ketika anda menuju puncak rinjani, anda bisa mampir ke danau ini untuk istirahat dengan menikmati keindaan danau ini. Danau yang dengan luas 1.100 ha dan kedalaman 230 m ini banyak sekali terdapat ikan didalamnya. Bagi pengunjung kita bebas untuk memancing ikan-ikan tersebut dengan syarat tetap menjaga kebersihan danau dan semua lokasi gunung.

3. Keindahan Alam Sekitar


Pemandangan Gunung Rinjani

Tak terpungkiri lagi alam rinjani sangat-sangat indah dengan banyaknya pemandangan sekitar yang sangat memukau akan keindahannya. Ditambah lagi di area rinjani juga terdapat banyak fauna, seperti monyet salah satunya yang bisa menjadi objek foto yang menarik. Dengan pemandangan yang indah karena rimbunnya tumbuhan yang ada disini otomatis akan memberikan udara yang segar dan alami. Namun anda harus siap-siap menahan dingin, karena suhu di rinjani bisa mencapai hingga 12 celcius.

4. Mitos Gunung Rinjani


Mitos Gunung Rinjani

Ketika bicara mengenai gunung, tentunya banyak sekali mitos-mitos yang berkembang disitu, rinjani pun demikian. Rinjani terdapat mitos bahwa di puncaknya bersemayam ratu jin yang disebut dewi anjani. Serta mitos yang paling terkenal adalah terdapatnya sumber air panas yang terletak di gunung baru jari (anak gunung rinjani) yang dapat menyembuhkan segala penyakit kulit.
Berikut ulasan kami mengenai gunung yang harus anda jadikan tujuan, jika anda menyukai hal-hal menantang. Jika anda menyukai wisata pantai, saya sarankan untuk mampir ke Wisata 3 Gili di Lombok.

2 Responses to "Gunung Rinjani, Tantangan Bagi Pendaki"