Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak keunggulan. Kota ini menjadi Istimewa, salah satunya dikarenakan banyaknya obyek wisata dan tempat pendidikan yang diakui oleh negara. Karena itulah jogja menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Jogja juga diramaikan dengan banyaknya putra putri bangsa yang menimba ilmu di kota ini, dikarenakan julukan kota pelajar yang disandangnya. Namun yang membuat jogja wajib dikunjungi oleh wisatawan adalah banyaknya obyek wisata menarik, seperti Wisata Alam, air, sejarah, dan wisata lainya yang akan memuaskan jiwa berpetualang anda. Berikut ulasan kami tentang wisata jogja yang wajib anda kunjungi jika singgah di kota ini.


1. Keraton Jogja


Keraton Yogyakarta terletak di JL. Rotowijayan 1, Yogyakarta, dekat dengan alun-alun utara kota jogja. Keraton jogja menjadi tempat tinggal dari raja terdahulu sampai raja sekarang. Keraton juga difungsikan sebagai museum tempat penyimpanan benda-benda bersejarah jaman dahulu. Dengan mengunjungi keraton ini kita juga bisa belajar tentang kebudayaan jawa. Keraton buka dari jam 09.00-14.00 wib, dengan tiket masuk Rp. 5.000. per pengunjung. Disini kita juga disuguhi dengan aneka pertunjukan, seperti musik gamelan, wayang golek menak, pertunjukan tari, macapat, wayang kulit, dan wayang orang, tetapi dengan jadwal pertunjukan yang telah ditentukan.


2. Pantai Baron


Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi andalan kota jogja, karena ramai dikunjungi wisatawan tiap harinya. Pantai ini mempunyai panorama yang indah dengan ombak yang sedang dan ada juga aliran sungai yang bermuara ke pantai ini, sehingga kita bebas bermain air laut maupun sungai. Jika kita akan berkunjung ke pantai ini, kita akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5.000.


3. Candi Borobudur


Candi ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sebenarnya candi ini tidak terletak di Yogyakarta, tetapi kebanyakan orang menganggap candi ini terletak di jogja, karena letaknya yang dekat dengan jogja. Candi ini penuh dengan nilai sejarah yang tinggi, karena tiap pahatannya mengandung filosofi kehidupan. Disini kita bisa menyaksikan ukiran candi yang nampak indah disertai cahaya sunrise dan sunsite yang bisa kita saksikan di atas candi. Kita bisa berkunjung kesini dari hari senin-minggu, pukul 06.00-17.00 wib, dengan tiket masuk anak-anak Rp. 12.500 dan dewasa Rp. 30.000.


4. Goa Pindul


Lokasi goa ini terletak di Bejiharjo, Karang Mojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Disini kita akan disuguhkan bermacam-macam aneka wahana dan paket wisata yang akan memicu adrenalin kita. Beberapa wisata yang dapat kita ambil disini adalah caving, rafting, dan menyusuri goa. Wisata ini buka dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 wib, dengan harga wisata yang beraneka ragam.


5. Pantai Parangtritis


Terletak di JL. Parangtritis km 28, Yogyakarta. Dipantai ini kita akan disuguhkan pasir pantai yang halus dengan ombak yang bersahabat. Kita juga bisa berkeliling disekitar pantai dengan menaiki dokar ataupun ATV. Hal ini akan lebih indah jika kita menyusuri pantai pada sore hari, karena akan disuguhkan pemandangan sunset yang indah. Tiket masuk ke pantai ini adalah Rp. 3.000 dan buka tiap hari.


6. Malioboro


Malioboro merupakan tempat yang harus anda kunjungi ketika mampir di jogja, karena disini kita bisa membeli oleh-oleh dan menikmati berbagai Wisata Kuliner yang menjadi ciri khas kota jogja. Malioboro juga sering diadakan karnaval yang tentunya akan dipadati kerumunan orang. Tempat ini memang tak pernah sepi tiap harinya, karena merupakan tempat yang eksotis untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama teman kita.