Kuliner Yogyakarta Cocok Untuk Oleh-oleh

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar ini tak pernah sepi dari lirikan turis asing. Tidak salah, karena kota yang akrab dengan sebutan jogja ini mempunyai banyak kekayaan alam yang mengundang pikat untuk berwisata. Tinggal sebut saja, semua arena wisata ada disini, seperti laut, gua, gunung, museum, taman bermain, taman hiburan bahkan sampai hutan multifungsipun ada disini. Makanan andalan Jogja adalah Gudeg, pasti hal ini sudah diketahui oleh pembaca semua. Wisata Kuliner tersebut bagaikan simbol bagi kota indah ini, tak heran karena setiap terdengar kata gudeg pasti dipikiran kita langsung terbayang kota jogja. Inilah salah satu istimewanya kota jogja, karena memiliki banyak pengunjung karena kulinernya yang wajib dicoba. Berikut akan kami ulaskan makanan khusus kota jogja yang wajib anda coba dan jadikan oleh-oleh buat keluarga anda.

1. Gudeg


Gudeg Yu Djum

Merupakan makanan yang sangat khas untuk kota istimewa yang sayang sekali bila terlewat tidak mencicipi jika singgah ke kota ini. Bahan dasarnya adalah nangka muda yang dimasak sedemikian rupa dengan santan dan ditambah bahan pelengkap lain seperti tahu, tempe, telur dan lainya. Untuk sekarang gudeg sudah bisa dibawa untuk oleh-oleh, karena sudah ada gudeg kalengan yang awet untuk berhari-hari.

2. Bakpia


Bakpia Kurnia Sari

Makanan ini seperti kue kecil yang di dalamnya terdapat isian yang berupa kedelai dan lainya. Bakpia biasanya banyak dijual di Pathuk, karena disanalah sentra bakpia dengan aneka rasa banyak dijual. Tapi jangan khawatir, untuk sekarang ini tidak hanya di Pathuk saja, melainkan hampir di seluruh kota jogja banyak terdapat penjual bakpia dengan macam-macam rasa. Sebagai bukti anda pernah berkunjung ke jogja, jangan lupa membawa bakpia sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara anda.

3. Geplak


Geplak Jogja

Camilan ini memiliki rasa yang manis dan lembut dan terbuat dari bahan dasar kelapa yang telah diparut. Makanan ini bisa awet cukup lama, jadi akan cocok jika dibawa pulang dengan perjalanan yang cukup jauh.