Pantai Pangandaran, Terindah di Pulau Jawa

Wisata Indonesia-Jika kita berencana mencari tempat liburan yang eksotis dengan pemandangan alam serta keindahannya, Pantai Pangandaran adalah tempat yang cocok untuk menjadi tujuan wisata kita. Kenapa begitu ? karena di pantai ini banyak mempunyai keistimewaan, yang tentunya akan memberikan kenangan liburan yang indah nantinya. Menurut informasi yang kami kutip dari situs copas terbesar, pantai pangandaran ini merupakan pantai yang telah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai yang terbaik di Pulau Jawa. Dengan prestasi yang dimilikinya tentunya pantai ini akan semakin ramai dikunjungi oleh pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Diamanakah letak pantai indah ini? Pantai ini terletak di tenggara Jawa Barat. Letak tepatnya yaitu di Desa Penanjung, Kecamatan Pangandaran, Kebupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Pangandaran adalah saat libur nasional, atau pada tanggal merah kalender. Kalau kelamaan menunggu tanggal merah nasional, pada akhir pekan juga merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung disini, karena waktu akhir pekan akan lebih ramai pengunjung daripada waktu hari-hari biasanya.


Sebenarnya apasih kelebihan dari pantai ini, sampai pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa. Itu pasti yang menjadi pertanyaan teman-teman pembaca semuanya. Mari kita ulas bersama-sama kelebihan dari Pantai Pangandaran ini. Pertama pantai ini memiliki daya tarik dengan keindahan yang dimilikinya, selain itu jika kita berlibur di pantai ini kita akan disuguhkan dengan panorama yang jarang kita temui, yakni kita bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam, layaknya hal yang bisa kita saksikan di Pantai Kuta Bali. Pantai ini berjenis landai dengan air yang jernih, sehingga kita akan bebas menikmatinya dengan berenang ataupun bermain air di area pantai dengan aman.

Suguhan menarik lainya yang dimiliki, adalah pantai ini mempunyai Taman Laut dengan aneka ikan yang dimiliki, serta biota laut lainya yang mempesona. Selain itu, Pangandaran juga memberikan event suguhan menarik yang wajib kita kunjungi.


Event menarik pertama adalah Hajat Laut. Hal ini merupakan upacara ritual yang dilakukan oleh para nelayan setempat sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka atas limpahan rejeki kepada Tuhan. Cara melakukan ritual ini yakni memberikan sesajen kapada laut dengan melarungnya. Lalu upacara ini dilakukan di Pantai Timur Pangandaran dan dilakukan pada tiap bulan Muharam.

Event yang kedua adalah Festival Layang-layang yang biasa digelar antara bulan Juni dan Juli. Yang mencengangkan adalah festival ini adalah merupakan event Internasional, yang tentunya akan dihadiri oleh banyak turis mancanegara. Karena adanya festival ini, pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya, seperti Pantai Kuta Lombok yang terkenal dengan ramainya pengunjung, baik turis asing maupun pengunjung dalam negeri.