Wisata Kuliner Lezat Khas Kota Solo

Wisata Kuliner - Solo adalah kota yang tidak begitu besar, dan masih kurang berkembang dalam hal kepariwisataanya. Namun demikian kota kecil nan bersih ini memiliki banyak kuliner lezat yang akan memanjakan lidah begi para pengunjungnya. 


Dalam tulisan kali ini akan kami informasikan Wisata Kuliner Khas Kota Solo yang paling tersohor dan terkenal, sehingga wajib anda jadikan tujuan berwisata di kota kecil ini.

1. Tengkleng



Tengkleng adalah olahan makanan yang banyak berisikan tulang belulang dari kambing dan hanya sedikit sisa daging yang menempel pada tulangnya, sehingga akan memberi cara unik untuk memakannya seperti menghisap sumsung tulangnya yang lezat. Makanan ini berisi kuah yang kental dengan bumbu-bumbu racikan yang sedap dan merasuk pada tulang-tulangnya. Tengkleng di Solo yang paling terkenal adalah Tengkleng Ibu Ediyem yang berlokasi di samping gapura pasar klewer.

2. Timlo Solo



Timlo adalah makanan berkuah seperti sop dan berisi banyak potongan-potongan daging dan sayur yang ditaburi bawang goreng diatasnya. Timlo Solo biasanya berisi potongan sosis, daging ayam, irisan hati dan ampela, telur ayam, serta irisan wortel. Timlo yang terkenal ramai adalah Timlo Sastro berlokasi di belakang pasar gedhe.

3. Nasi Liwet



Nasi Liwet adalah Nasi gurih yang dicampur dengan irisan daging, labu, telur ayam, opor, dan santan. Nasi liwet terlihat sederhana dalam hal penyajianya, karena disajikan dengan alas daun pisang yang ditusuk pada tepi daunya (pincuk). Jika anda penasaran dengan rasa nasi liwet anda bisa mengunjunginya di warung wongso lemu yang beralamatkan di jalan teuku umar dekat dengan kraton Solo.

4. Selat Solo



Selat Solo termasuk makanan istimewa, karena makanan ini merupakan perpaduan dari makanan barat dan dipadukan dengan makanan daerah. Makanan ini berisi dari irisan daging, buncis, wortel, mentimun, kentang goreng, yang disiram dengan kuah seperti semur dengan ditambah mayonaise, sehingga membuat cita rasa unik yakni kecut segar. Untuk mencicipi hidangan ini anda bisa berkunjung ke warung selat mbak lies yang terletak di daerah serengan.

5. Sambal Tumpang



Sambal tumpang juga banyak disebut dengan lethok yaitu kuah yang terbuat dari campuran santan dengan tempe busuk yang banyak disebut dengan tempe semangit. Untuk campuran pada sambal tumpang biasanya ditambahkan dengan tahu putih, krecek, maupun telur rebus. Sambal tumpang cocok dengan bubur putih ataupun nasi putih dengan tambahan sayuran toge, bayam, maupun kacang panjang. Jika anda berkunjung ke solo anda akan banyak menjumpai pedagang sambal tumpang di sekitaran stadion manahan solo.

6. Serabi Notosuman



Serabi solo memang sangat dikenal banyak orang, bahkan orang luar daerah banyak yang mengunjungi solo hanya untuk mencicipi serabinya. Serabi terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, serta daun pandan sebagai pewanginya. Pembuatan serabi disini masihlah sederhana, yakni menggunakan tungku dan penutup yang terbuat dari tanah liat. Walaupun begitu, rasa yang dihasilkan sangatlah lembut dan lezat, serta sangat menggoda lidah dengan toping yang beraneka ragam. serabi yang paling tersohor di kota ini adalah serabi notosuman terletak di jalan Moh Yamin Notosuman.

Dengan makanan khas-nya, kota ini tidaklah kalah dengan kuliner-kuliner dari kota lain, seperti Aneka Wisata Kuliner Bandung yang juga banyak menyajikan makanan yang bermutu dengan harga terjangkau.

0 Response to "Wisata Kuliner Lezat Khas Kota Solo"

Posting Komentar