Obyek Wisata Budaya dan Kesenian Jogja

Wisata Indonesia - Jogja, sangat lekat dengan kultur kebudayaan yang khusus, hal ini karena kota ini sangat mengangkat dan menjunjung tinggi budaya lelur mereka, yakni kejawen. Terbukti dengan ada dan banyaknya ritual-ritual yang sangat khusus dan tidak dimiliki kota-kota lainnya. Wisata Budaya Yogyakarta sekarang ini sangat diprioritaskan pihak-pihak terkait, karena dengan tujuan mengoptimalkan budaya yang ada, beberapa pihak tersebut dengan gencar mempromosikan aspek budaya positif di jogja. Berikut seklumit ulasan obyek budaya jogja yang harus anda kenjungi ketika berkunjung ke Kota Pelajar ini.

1. Keraton Jogja (Ngayogyakarta Hadiningrat)


Keraton Jogja

Keraton jogja letaknya tepat di tengah-tengah kota jogja. Berlibur ke keraton ngayogyakarta ini cocok sekali bagi anda yang sangat mencintai kesenian dan budaya daerah di Indonesia. Karena di keraton ini tidak hanya tempatnya yang historikal, tetapi juga terdapat museum yang memajang beberapa peninggalan raja-raja terdahulu. Tidak hanya itu, disini juga kita bisa melihat kesenian dan tari-tari tradisional yang disuguhkan khusus untuk para pengunjung keraton. Untuk berkunjung kesini, bisa anda lakukan antara jam 07.00 s/d 12.00, dengan biaya masuk Rp 5.000 - 10.000.

2. Pagelaran Keraton


Pagelaran Kesenian Keraton

Sedikit saran untuk anda, jika anda ingin mengunjungi keraton jogja, anda harus datang antara jam 08.30 s/d 09.00 wib, karena pada jam-jam tersebut akan dimulai berbagai pertunjukan kesenian yang disuguhkan pada para pengunjung tiap harinya, selain hari selasa. Pertunjukan yang disuguhkan sangat beragam dan berbeda-beda, tetapi tetap mempertontonkan dan mengenalkan pertunjukan yang berbau kesenian dan budaya. Pagelarannya antara lain musik gamelan, wayang golek menak, pagelaran tari, macapat, wayang kulit, dan wayang orang.

3. Museum Gunung Merapi


Museum Gunung Merapi

Museum ini terletak di pakem, sleman, yogyakarta, kurang lebih 5 km dari obyek wisata kaliurang. Museum ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya, baik dari kalangan anak-anak sampai dengan orang tua. Karena dengan mengunjungi museum ini kita bisa mempelajari berbagai hal tentang aktifitas gunung merapi aktif. Itulah sebenarnya tujuan utama dibangunnya museum gunung api ini, yakni agar masyarakat bisa mengetahui bencana geologi yang disebabkan oleh gunung yang masih aktif.

4. Candi Prambanan


Candi Prambanan

Candi ini sangat lekat dengan kisah loro jonggrang, yang tentunya sudah banyak diketahui oleh semua kalangan hingga saat ini. Candi prambanan ini digadang-gadang adalah candi hindu terbesar di Indonesia dan merupakan candi terindah di kawasan asia tenggara. Candi ini telah banyak mengalami perbaikan dari sebelumnya, terlebih setelah terjadi gempa jogja pada tahun 2006 lalu, dan sekarang candi prambanan telah berubah menjadi daya tarik wisatawan yang sangat menakjubkan. Dengan perbaikan-perbaikan yang telah banyak dilakukan, tidak heran bahwa sering sekali diadakannya acara-acara televisi di lokasi candi prambanan ini.
Dari ulasan diatas terlihat jelas bahwa Indonesia sangatlah mempunyai budaya yang sangat kuat. Karena tidak hanya budaya di jogja saja, tetapi juga budaya-budaya lainnya seperti Wisata Budaya di Bandung harus kita jadikan prioritas untuk memajukan Negara ini.

0 Response to "Obyek Wisata Budaya dan Kesenian Jogja"

Posting Komentar