Wisata Kuliner Khas Kota Jakarta

Wisata Kuliner - Berbicara soal makanan, Indonesia adalah salah satu surga bagi pecinta kuliner. Karena negara ini sangat banyak memiliki aneka macam kuliner yang berbeda-beda pada setiap daerah. pada masing-masing daerah tersebut juga memiliki ciri khas dan bumbu olahan yang berbeda pula. 

Kuliner Khas Jakarta

Contohnya makanan-makanan yang kita jumpai di pulau jawa yang dominan pada rasa manisnya, begitu pula daerah yang lainya. Hal itulah yang sangat mempengaruhi banyaknya kuliner lezat yang ada di Nusantara ini. Untuk lebih lengkapnya kali ini kita akan mengulas mengenai Wisata Kuliner Jakarta dengan khasnya, begitu pula dengan daftar harga dan lokasinya.

1. Kerak Telor


Kerak Telor

Jika bicara mengenai kerak telor pastinya banyak orang mengatahui dari mana asalnya, makanan yang berasal dan lekat dengan budaya betawi ini mempunyai rasa memikat bagi pecinta kuliner. Jika anda berminat mecicipi makanan ini, tenang saja karena banyak sekali pedagang yang menjajakkan kerak telor ini di wilayah Jakarta, salah satunya akan banyak kita jumpai di PRJ (pekan raya jakarta). Selain lezat jajanan ini juga banyak mengandung protein dan gizi, tentu saja banyak mengandung hal yang dibutuhkan tubuh, karena bahan bakunya yaitu ketan putih dengan karbohidratnya yang tinggi dan telor ayam ataupun bebek dengan protein hewaninya. Harga kerak telor cukup beragam dan berbeda antara telur ayam dan telur bebek yaitu dengan selisih kurang lebih Rp 5.000, sedangkan untuk harga kerak telor dengan telur ayam biasa dijual dengan harga Rp 20.000.

2. Soto Betawi


Soto Betawi

Makanan ini juga merupakan makanan khas Jakarta yang banyak digemari oleh banyak orang. Soto betawi yang banyak disebut oleh masyarakat Jakarta dengan "sobet" adalah makanan dengan kuah santan ataupun susu. Jika anda berkunjung ke Jakarta pasti anda akan banyak menjumpai pedagang sobet di pinggir-pinggir jalan di Jakarta. Dengan campuran daging ayam dan jeroan serta beberapa sayuran tambahan dan dipadukan dengan kuah pedas dan kental, hal tersebuat akan membuat cita rasa yang komplit pada sobet. Jika anda ingin mencicipi makanan ini, anda bisa berkunjung ke soto betawi H. Husein yang berada di Manggarai, tepatnya di Jl. Padang Panjang, No 6B-6C, Manggarai, Jakarta Selatan. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk sekali makan dan minum di warung makan ini adalah Rp. 25.000 /porsi.

3. Ketupat Sayur


Ketupat Sayur

Makanan ini juga merupakan sajian khas kepunyaan Jakarta. Ketupat sayur atau lontong sayur biasa dimakan ketika pagi hari yaitu ketika sarapan. Citarasa yang ditawarkan oleh makanan ini sangatlah khusus, yaitu rasa segar dan pedas dengan kuah kacangnya yang diguyurkan pada bahan-bahanya yaitu kacang panjang. Jika menginginkan cita rasa lebih, kita bisa menambahkan dengan semur jengkol, ayam goreng, maupun dengan semur daging. Di Jakarta warung makan ketupat sayur yang lezat dan banyak pelanggannya adalah ketupat sayur H. Mahmud yang terletak di Jl. Kebayoran Lama, Palmerah, Jakarta. Untuk harga yang ditawarkan dengan seporsi ketupat sayur di tempat ini adalah Rp 19.000.

3 makanan diatas adalah beberapa dari masakan khas di Jakarta, sebenarnya masih banyak makanan asal Betawi lainya, tetapi 3 masakan yang kami paparkan diatas adalah khas Jakarta yang wajib anda coba ketika di Jakarta. Daerah lain yang memiliki makanan khas yang unik adalah Wisata Kuliner di Bali, karena dengan banyaknya pilihan menu yang ada dengan rasa rempah khusus yang menjadi bumbu-bumbu utamanya.

0 Response to "Wisata Kuliner Khas Kota Jakarta"

Posting Komentar